20/09/2021

MTs NEGERI 1 BOYOLALI

UNGGUL DALAM MUTU SANTUN DALAM PERILAKU

World Clean Up Day di MTsN 1 Boyolali

Mengenal Lebih Dekat
Yuk, Mengenal Lebih Dekat Perayaan Tahunan World Clean Up Day
Tahukah Anda bahwa tanggal 21 September setiap tahunnya diperingati sebagai hari bersih-bersih sedunia yang dikenal dengan sebutan World Clean Up Day (WCD)?

Gerakan bermanfaat tersebut memang sangat istimewa dan belum banyak diketahui orang. Padahal, perayaannya sudah semakin dekat lo. Sekarang, yuk cari tahu dulu informasi selengkapnya tentang World Clean Up Day beserta fakta-fakta menariknya.

Belum terlambat kok kalau Anda dan keluarga baru mengenal World Clean Up Day dan ingin ikut berpartisipasi tahun ini.

Sejarah World Clean Up Day secara Global
World Clean Up Day adalah gerakan bersih-bersih terbesar di dunia. Peringatan bermanfaat ini dinaungi oleh Let’s Do It World, suatu gerakan di Estonia yang didirikan oleh para pemrakarsa asal Asia (termasuk Indonesia), Eropa, Amerika, Afrika, dan Oseania. Gerakan ini menghasilkan komitmen dari jaringan-jaringan negara yang tergabung di dalamnya untuk membebaskan planet bumi dari permasalahan sampah.

Dilakukan Serentak di 157 Negara
Aksi World Clean Up Day memang merupakan event besar yang dilakukan serentak di 157 negara. Beberapa negara yang berpartisipasi antara lain Amerika Serikat, Meksiko, Inggris, Rusia, China, Pakistan, dan masih banyak lagi. Indonesia tentu tak ketinggalan berkontribusi dalam event penting ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah sampah plastik yang menjadi isu internasional.

Sejarah World Clean Up Day di Indonesia
Penyelenggaraan World Clean Up Day adalah salah satu pencapaian besar Indonesia dalam mewujudkan penanggulangan masalah sampah. World Clean Up Day di Indonesia diperkenalkan oleh Let’s Do It Indonesia yang didirikan tahun 2014 dan merupakan jaringan Let’s Do It World. Jaringan Let’s Do It Indonesia kemudian merangkul ribuan komunitas yang bahu-membahu mewujudkan kesuksesan event World Clean Up Day di Indonesia.

Indonesia Menjadi Negara Pertama yang Memimpin Aksi Clean Up Terbesar di Dunia
Peringatan World Clean Up Day tanggal 15 September 2018 mengantarkan Indonesia menjadi negara pertama yang memimpin aksi clean up terbesar di dunia. Kala itu, ada 7.688.332 (7,6 juta) orang yang bertindak sebagai relawan. Jumlah relawan tersebut menempati peringkat nomor satu, mengalahkan Pakistan di urutan kedua dan Amerika Serikat di urutan ketiga.

Para relawan berasal dari kurang lebih 1.000 komunitas yang terbesar merata di 34 provinsi. Aksi besar tersebut berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 14.876.803 (14,8 juta) kg. World Clean Up Day 2018 memberikan banyak kenangan berharga bagi Indonesia karena berhasil menunjukkan beberapa pencapaian besar di tingkat internasional. Keberhasilan tersebut tentu tak lepas dari peran empat kementerian dan empat gubernur serta segenap kepala daerah dan kepala dinas di sejumlah provinsi tanah air.

World Clean Up Day di MTsN 1 Boyolali


Pada kesempatan tersebut MTs Negeri 1 Boyolali ikut serta dalam ajang Bersih bersih , yang mana Sekolah Madrasah Negeri 1 Boyolali melibatkan seluruh komponennya ada sekitar 1000 lebih siswa ikut andil dan 80 Tenaga pendidik terlibat langsung.
Acara yang berlangsung di seluruh penjuru halaman Madrasah yang luas nya 7000M2 rampung di bersihkan dalam 3 jam. Acara yang di buka langsung oleh bapak kepala Madrasah . H. Syammuji, S. Pd. M. Pd pada pukul 08.00 Wib. dan ditutup dengan penimbangan hasil sampah plastik sebanyak 3 karung.
Selesai acara World Clean up Day di MTs Negeri 1 boyolali pihak waka kurikulum lansung membuat laporan dalam bentuk Vidio (lihat disini //www.facebook.com/MTsnAndong/videos/724315801234347/ ) pada kementerian terkait dan pada jenjang Satker Kaupaten boyolali .

Berdasarkan Trash Blindness Survey yang dilakukan Nielsen, Indonesia adalah negara dengan kesadaran tertginggi terhadap masalah sampah.

Di samping itu, Indonesia juga menjadi negara terbaik ke-4 untuk kategori reach out media. Unggahan Ridwan Kamil di akun media sosialnya dinobatkan sebagai the most engaging post in the world.

Sneak Peek tentang World Clean Up Day 2019
Peringatan World Clean Up Day 2019 di Indonesia mengusung tema Cleanup for Peaceful Indonesia. Beberapa hasil yang diharapkan pada peringatan besar ini antara lain:

Partisipasi 13 juta relawan Cleanup secara serentak di 34 provinsi di Indonesia.
Pemetaan 1.500 titik sampah ilegal di 34 provinsi di Indonesia.
Minimal 50% dari jumlah sampah yang dikumpulkan bisa dikelola dengan baik melalui bank sampah, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Kota serta perusahaan daur ulang.
Aksi-aksi berkelanjutan yang melibatkan 13 isu rekomendasi bebas sampah di seluruh provinsi di tanah air.
Penandatanganan petisi Aspirasi Bebas Sampah yang mampu mencapai 100.000 tanda tangan relawan. Selanjutnya, petisi tersebut diharapkan bisa disampaikan ke presiden RI sebagai komitmen penegakan hukum penanganan sampah di Indonesia.
Anda sekeluarga bisa berpartisipasi menjadi relawan event World Clean Up Day 2019 di Indonesia. Bergabunglah dengan komunitas yang berkontribusi dalam event tersebut untuk mendapatkan info selengkapnya. Anda juga bisa bergabung dan berpartisipasi dalam event seperti ini

Sudah saatnya berani kotor untuk kebaikan.