MTs NEGERI 1 BOYOLALI

UNGGUL DALAM MUTU SANTUN DALAM PERILAKU

Sejarah Singkat

Sejarah Berdirinya MTs Negeri 1  Boyolali

MTs Negeri 1  Boyolali pada mulanya merupakan MTs swasta (MTs Muhammadiyah ), yang didirikan oleh para tokoh masyarakat dan tokoh agama di wilayah Andong dan sekitarnya. Sebagai daerah yang memiliki sifat agamis para tokoh masyarakat dan agama memandang perlu untuk memiliki lembaga pendidikan yang bersifat keislaman. Hal ini dimaksud untuk :

  1. Menampung para lulusan SD / MI yang berkeinginan melanjutkan sekolah SLTP setingkat SLTP yang bernafaskan ke Islaman
  2. Adanya rasa tanggung jawab para tokoh masyarakat / tokoh agama terhadap     masa  depan generasi muda dan agama Islam.
  3. Masyarakat rata-rata berprofesi sebagai petani sehingga tidak mungkin dapat melanjutkan pendidikan putra putrinya kesekolah berikutnya yang berada di kota. sementara ada satu SLTP swasta yang kondisinya kurang memadai.

Maka pada tahun 1959 para tokoh masyarakat dan tokoh agama yang bergabung   dalam pengurus dan anggota Koperasi Batik PBB ( Persatuan Batik Boyolali ),  mendirikan gedung pendidikan yang akhirnya berdirilah MTs Muhammadiyah dan MI Muhammadiyah pada tahun 1961. MTs Muhammadiyah yang disepuhi oleh simbah KH. M. Idris, MI Muhammadiyah yang disepuhi bapak A.S. Syamsul Hadi.

Dengan adanya pemerintah memberikan peluang untuk penegerian MTS dengan beberapa pertimbangan akhirnya pada tahun 1968 (september 1968) MTs/Muhammadiyah dan MI  Muhammadiyah  diberikan  kepada  pemerintah  untuk  dinegerikan  dan  tempat sementara masih tetap di gedung pendidikan Batik dan di usulkan sebagai kepala MTs Negeri 1 Boyolali Yang tahun itu masih bernama MTsN  Andong  yang pertama kali Bapak Moch. Moedjahid.

Setelah sementara tahun pemerintah memberi bantuan gedung, sedang tanahnya belum ada, maka atas\kebijaksanaan Bapak Kepala Desa Mojo, Simbah KH. Zarkasi memberikan sebagian tanah Kas Desa untuk bangunan tersebut di Desa Mojo tepatnya di Jalan Raya Kacangan Andong Boyolali

  1. Bapak A.S. Siswa Soepadmo(Ketua Yayasan Muhammadiyah Cabang Andong )
  2. Bapak KH. Muhammad Idris ( Kepala MTs Muhammadiyah )
  3. Bapak K. Ma’ruf ( Sekretaris )
  4. Bapak K. Muh. Maksum (Bendahara )
  5.    Bapak A.S. Syamsul Hadi ( Anggota selaku Kepala MIM ), dan para tokoh pendukung lain Bapak K.H. Zarkasi, Bapak Masruri, HS dan lain-lain.

Pengusulan penegerian dan turunlah SK penegerian dengan Nomor : 248/1968 pada tanggal, 11-11-1968, Pertimbangan selanjutnya perhatian pemerintah dalam hal ini Departemen agama dengan memberi bantuan penugasan guru pegawai dan pemberian proyek bangunan RKB dan ruang kantor serta paket peralatan pendidikan, sehingga sekarang mempunyai bangunan seluas 7000 m2  termasuk Musholla.

Pada perjalanan nya dari tahun 1968 sampai 2019 MTs Negeri 1 boyolali mengalami beberapa kali perubahan nama

Nama MTs Negeri Kacangan Andong pertama kali di pake oleh pemerintah untuk penegerian dari tahun 1968 sampai tahun 2016 .

Dengan adanya kebijakan pemerintah tentang perubahan nama madrasah berdasarkan tahun lahir maka MTs Negeri Kacangan Andong adalah MTs Negeri tertua yang ada di Kabupaten Boyolali. Maka MTs Negeri Kacangan Andong berganti nama sesuai dengan   hasil dari Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 211 Tahun 2015 perihal Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri, dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan KMA tersebut, maka terjadi perubahan dari nama MTs Negeri Kacangan Andong Menjai MTs Negri 1 Boyolali .

Demikian sekilas tentang berdirinya MTs Negeri  Kacangan  Andong, adapun para tokoh agama antara lain :

Demikian juga MTs Negeri  Kacangan  Andong dalam perjalanannya pernah mengalami beberapa kali pergantian Kepala Sekolah, adapun kepala sekolah

  1. Moedjahid ( periode 1968 – 1988 )
  2. Drs. Sjatibi ( Periode 1988 – 1998 )
  3. Abdul Bari. BA ( Periode 1998 – 2001 )
  4. Drs. H. Tuchri ( Periode 2001 – 2004  )
  5. Drs. H. Sugijarto ( Periode 2004 – 2004 )
  6. Drs. H. Tibyanii Albaraq ( Periode 2004 – 2006 )
  7. H. Ashuri, S.Ag. M.Pd.I ( Periode 2006 – 2013 )
  8. H. Chusni, S. Ag, M. Pd ( Periode 2013 – 2016 )
  9. H. Syammuji, S. Pd. M. Pd ( Periode 2016 – Sampai Sekarang)
Berbagi adalah peduli