PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) TAHUNAN MTS NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN 2022

51 min read

MTs Negeri 1 Boyolali – Penilaian kinerja kepala madrasah Tahunan pada tahun pelajaran 2022/2023 yang dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Agustus 2022 , bertempat di MTs Negeri 1 Boyolali tepatnya di ruang kepala madrasah, ditunjuk sebagai asesor adalah pengawas dari Kementerian Agama Kabupaten Boyolali . Yaitu yang pertama adalah Bapak Drs. H. Sulaiman , M. Pd

Dan bapak Drs. H. Daromi, M. Pd. Namun pada hari H pelaksanaan penilaian bapak Drs. H. Daromi, M. Pd tidak bisa hadir dikarenakan beliu sedang kontrol Kesehatan. Kemudian oleh Kementerian Agama kabupaten Boyolali menugaskan bapak Choiril Anwar . M. Pd

Penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja kepala madrasah
Adapun Manfaat antara lain :

  • Kepala Madrasah dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan berdasarkan hasil PKKM tahunan
  • Kepala Madrasah menjadikan hasil PKKM sebagai acuan untuk meningkatkan keprofesiannya.

Kedatangan Tim penilai dari Kementerian Agama Kabupaten Boyolali disambut oleh Humas MTs Negeri 1 Boyolali Bapak H. Agus Rifai Rahmat dan keluarga besar MTs Negeri 1 Boyolali dengan acara pembukaan mulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan menyanyikan mars Madrasah oleh seluruh Guru dan Tim penilai yang hadir di ruang kepala madrasah kemudian dilanjutkan dengan sambutan kepala MTs Negeri 1 Boyolali Drs. H. Sardi, M. Si. dengan mengucapakan selamat datang serta pemaparan Profil Madrasah dan profil diri pada Kesempatan ini beliau juga memohon berbagai arahan dari tim Penilai.dan dilanjutkan dengan mukadimah dari tim penilai dalam hal ini di wakiili oleh bapak Drs. H. sulaiman. M. Pd.

MTs Negeri 1 Boyolali akan selalu ber-usaha lebih baik lagi baik dalam administrasi maupun bidang lainnya. Termasuk pelayanan terhadap peserta didik. Yang mana mereka wajib mendapatkan transfer ilmu dari para pendidik di MTs Negeri 1 Boyolali .

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) tahunan adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah.dalam 1 tahun

Terkait dengan pelaksanaan penilaian kinerja kepala madrasah tersebut, Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah menyusun petunjuk teknis penilaian kinerja kepala madrasah yang kemudian ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019.

Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Sehingga kelimanya meliputi :

  • Usaha pengembangan madrasah,
  • Pelaksanaan tugas managerial
  • Pengembangan kewirausahaan
  • Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan
  • Hasil kinerja kepala madrasah

Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai tiap 4 tahun sekali.

Pada akhir penilain kali ini acara ditutup dengan penyampaian refleksi penilaian dari tim penilai/asesor dalam kesempatan ini tim penilai memuji kekompakan Guru dan pegawai MTs N 1 Boyolali dibawah pimpinan bapak Drs. H. Sardi, M. Si.

beliau Drs. H. Sulaiman,M. Pd selaku asesor mengatakan bahwa kekompakan dan kesoliditan ini perlu kita jaga dan kita tingkatkan. Beliau mengakui bahwa Tim Guru MTs Negeri 1 Boyolali kompak dan Solid.

Pada akhir acara bapak Drs. H. Sardi, M. Si mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan melancarkan agenda penilaian Kinerja kepala Madrasah 1 tahun ini.

Mudah – mudahan ini bisa menjadi berkah dan kebaikan bagi semua, baik bagi madrsah ataupun guru dan staff kependidikan MTs Negeri 1 Boyolali.

Tim Humas MTs Negeri 1 Boyolali Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.