20/10/2021

MTs NEGERI 1 BOYOLALI

UNGGUL DALAM MUTU SANTUN DALAM PERILAKU

GELAR VAKSIN MASSAL COVID -19 UNTUK 1000 SISWA MTs NEGERI 1 BOYOLALI BEKERJA SAMA DENGAN KORAMIL PUSKESMAS DAN POLSEK KECAMATAN ANDONG

51 min read

Jum`at , 17 September 2021

Camat Andong Edy Kristiawan, SIP. meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi dosis pertama bagi siswa-siswi yang diselenggarakan di MTs Negeri 1 Boyolali 17 September 2021. Kegiatan Vaksinasi ini merupakan kerjasama antara Koramil 0271 Boyolali wilayah kecamatan Andong, Kepolisian Sektor Andong, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Andong itu diikuti oleh 1000 Siswa – Siswi MTs Negeri 1 Boyolali .

Pada kesempatan itu, Dandim 0724 Boyolali Letkol Inf. Aris Prasetyo mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk Siswa-siswi itu tidak hanya dilakukan di MTs Negeri 1 Boyolali  saja. Melainkan juga 1000 vaksin untuk Siswa-Siswi SMA di wilayah Andong yang pelaksanaannya ada di SMA Negeri 1 Andong.

“Kegiatan vaksinasi tahap 1 atau dosis pertama untuk para siswa MTs Negeri 1 Boyolali menggunakan vaksin sinovac,” ungkap dr. Fera Dhamayanti. Pada kesempatan Vaksin Massal Covid-19 di MTs Negeri 1 Boyolali ini, pihaknya menerjunkan nakes (tenaga kesehatan) puskesmas Andong sebanyak 25 orang. Tenaga Kesehatan ini dibagi kedalam beberapa pos. Pos pertama mengambil peran dalam screening (cek suhu, tekanan darah, komorbiditas dsb). Sedangkan pos kedua melaksanakan vaksinasi. Saat screening, setiap siswa dicek suhu tubuh, tekanan darah maupun penyakit yang diderita.

Menurut Wakapolsek Andong, Iptu S. Widodo, pelaksanaan vaksinasi dikalangan Siswa-siswi itu untuk mempercepat program vaksinasi  pemerintah dalam upaya penanganan dan pencegahaan covid-19 di Kabupaten Boyolali umumnya dan di wilayah hukum Polsek kecamatan Andong khususnya, sebanyak 6 personil dikerahkan dalam pengawalan vaksinasi massal tersebut.

Bapak Kepala Madrasah, Drs. H. Sardi, M.Si. selaku Tuan rumah dalam pelaksanaan Vaksin Massal Covid-19 mengatakan, vaksin ini merupakan bentuk ikhtiyar madrasah agar kekebalan anak segera terbentuk. Selain itu vaksinasi bertujuan agar bisa segera melaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Dari total 1052 siswa, belum bisa terlaksana 100 % karena berbagai kendala. Seperti, ada yang belum diizinkan, sedang menderita pilek batuk, selain itu ada yang sudah mengikuti vaksin di daerah tempat tinggalnya. Targetnya semoga bulan depan bisa 100 persen. Semoga vaksinnya juga segera datang sehingga kita bisa segera melakukan vaksinasi lagi,” paparnya. Pada kesempatan yang sama, Kepala MTs Negeri 1 Boyolali Drs. H. Sardi, M.Si. menyampaikan terima kasih atas kehadiran segenap civitas akademik madrasah, unsur muspika dan tenaga kesehatan.”, ungkapnya. Alhamdulillah, semua siswa antusias hadir di MTs Negeri 1 Boyolali. Ia menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi di mulai pukul 08. 00 WIB sampai pukul 14.30 dan istirahat pukul 11.00 untuk makan siang dan melaksanakan sholat jum`at. Kegiatan vaksinasi dilanjutkan kembali pukul 12.30 WIB. Kegiatan ini yang diikuti oleh 901 dari 1052 Siswa ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes)  yang ketat. Peserta vaksinasi sudah diberitahu terkait jadwal vaksinasi melalui aplikasi pesan singkat lewat wali kelas masing-masing.

“Mereka datang sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Sehingga, tidak menimbulkan kerumunan. Sebagian Siswa-siswi sudah ikut vaksin di luar. Bapak Ibu gurunya juga sudah divaksin dosis pertama dan kedua. In sya Allah semuanya hari ini sudah tervaksin,” jelasnya. Dengan telah selesainya vaksin pada tahap pertama, seluruh siswa maka diharapkan nantinya dapat segera melaksanaan PTM terbatas. Baik guru dan murid juga merasa aman dan percaya diri karena kedua pihak sudah divaksin. “Sarana dan prasarana sudah kita siapkan jauh-jauh hari. Mudah-mudahan PTM nanti berjalan dengan lancar,” harapnya.

“Para peserta vaksin tahap 1 ini akan kembali mengikuti vaksin tahap 2 pada tanggal 15 Oktober 2021, semoga kegiatan yang sudah kita ikthiyarkan pada hari ini bisa mendapat keberkahan dan manfaat untuk semua.”, tutup Kepala MTs Negeri 1 Boyolali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.