20/09/2021

MTs NEGERI 1 BOYOLALI

UNGGUL DALAM MUTU SANTUN DALAM PERILAKU

LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) 2019

56 min read

OSIM Merupakan sebuah organisasi sekolah yang berdiri sendiri (independen). Organisasi ini merupakan organisasi terbesar disebuah sekolah yang menaungi seluruh kegiatan kesiswaan seperti kegiatan keagamaan, kemasyarakatan, bela negara, olahraga, ekstrakurikuler, penerapan tata tertib sekolah, dan kegiatan lainnya yang semuanya dibawah pengawasan OSIM Tsanawiyah Negeri 1 Boyolali .

Maju mundurnya OSIM Tsanawiyah Negeri 1 Boyolali   tergantung pada kinerja kepengurusan dan kualitas kepemimpinan seluruh pengurus OSIM Tsanawiyah Negeri 1 Boyolali   yang merupakan siswa-siswi pilihan yang sudah ditetapkan berdasarkan seleksi yang memang sudah dianggap layak untuk mengurus OSIM Tsanawiyah Negeri 1 Boyolali   selama satu periode.

Pemilihan pengurus OSIM Tsanawiyah Negeri 1 Boyolali   dalam setiap periodenya dilakukan secara selektif melalui proses panjang yang cukup ketat. Proses ini bertujuan agar menghasilkan calon-calon pemimpin masa depan yang mampu disegala bidang, bertanggung jawab, bisa menggerakan roda kepengurusan yang solid.

Disebuah organisasi apapun memang pasti ada kekurangan dan kelebihan, apalagi OSIM Tsanawiyah Negeri 1 Boyolali   yang memang hanya diisi oleh siswa-siswi yang masih mentah dalam organisasi. Namun jika terus dididik, diarahkan oleh guru, dan dibina maka tidak mustahil kreatifitas, potensi yang tersembunyi pada diri siswa-siswi tersebut akan muncul kepermukaan dimasa mendatang.

Setiap tahunnya pengurus OSIM Tsanawiyah Negeri 1 Boyolali   senior yang sudah mengemban tugas selama satu periode, tentunya akan diganti oleh pengurus baru agar roda kepengurusan terus bergulir setiap tahunnya.

Dalam masa proses pergantian pengurus OSIM Tsanawiyah Negeri 1 Boyolali   maka diperlukan perencanaan yang matang yang dituangkan dalam sebuah program untuk menyiapkan pemimpim/kepengurusan baru, dengan program: Latihan Dasar Kepemimpinan OSIM Tsanawiyah Negeri 1 Boyolali   (LDK).

Maksud danTujuan LDK MTsN 1 Boyolali

Maksud :

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) adalah   yang dimaksudkan untuk memberikan pelatihan dasar kepemimpinan kepada para pengurus OSIM sebagai bekal pengetahuan dalam berorganisasi dan bekal untuk menjadi seorang pemimpin.

Tujuan :

  1. Membekali pengetahuan tentang bagaimana tata cara dalam berorganisasi.
  2. Melatih jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab.
  3. Melahirkan pengurus OSIM MTs Negeri 1 Boyolali  yang cerdas, aktif, kritis, dan bertanggung jawab dalam mengembangkan program-program OSIM dan program sekolah yang melibatkan kegiatan siswa di MTs Negeri 1 Boyolali .

Dasar Pelaksanaan

  1. Pancasila dan UUD 1945
  2. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan.
  4. Agenda tahunan Madrasah.
  5. Program kerja Wakamad Kesiswaan tahun pelajaran 2019-2020.
  6. Hasil Musyawarah Pengurus OSIM periode 2018-2019.

Pelaksanaan

Waktu dan tempat :

Hari         : Sabtu – Minggu

Tanggal  : 23 – 24 November 2019

Jam          : 15.00 WIB – selesai

Tempat   : Kampus MTs Negeri 1 Boyolali

Dan berikut susunan acara jadwal LDK MTsN 1 Boyolali Tahun 2019

  1. Upacara Pembukaan.

Acara dibuka oleh bapak Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 boyolali. Dengan secara Simbolis pengalungan Tanda Peserta dandi ikuti pengalungan secara mandiri oleh 128 anak peserta LDK OSIM yang berasal dari berbagai Cabang Organisasi seperti PKS, Paskibra, UKS, yang semua di bawah kendali OSIM,

  • Setelah Upacara Selesai peserta dilanjutkan kegiatan yang di isi dari Kepolisian Polsek Andong , dengan Materi Kenakalan Remaja dan penanggulangan
  • ISOMA 1

Pada kesmpatan isoma ini di pakai peserta untuk Mandi Makan dan Sholat Magrib Berjamaah di Mushola Al Hidayah MTsN 1 Boyolali .

  • Kerohanian Selepas Sholat di lanjutkan doa dzikir dan Kajaian tusiah sampai waktu isya tiba disambut sholat isyak
  • Acara selajutnya di isi dari Tim Kesehatan PUSKESMAS Kecamatan andong Tentang P3k
  • Acara selanjutnya yaitu Kepemimpinan dan keorganisasian . yang di isi oleh bapak H. Agus Rifai rahmat, S.Pd. M.Pd
  • Istirahat
  • Pengambilan Simbolis bed keorganisasian dan dilanjutkan Renungan Malam
  • Sholat malam
  • Ibadah subuh
  • Jalan sehat dan pengenalan lingkungan
  • Isoma Pagi Minggu 24 November 2019
  • TUS dan PBB yang diisi dari Koramil Kecamatan Andong
  • Upacara Penutupan
  •  Sayonara

Semua kegiatan tersebut terangkum dalam sebuah program LDK. Dan dapat diikuti dengan baik oleh semua peserta .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.