20/09/2021

MTs NEGERI 1 BOYOLALI

UNGGUL DALAM MUTU SANTUN DALAM PERILAKU

PENERIMAAN BAZNAS

32 min read

SISWA MTs NEGERI 1 BOYOLALI MENERIMA BANTUAN DARI BAZNAS

Tentang BAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibuat oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memuat tugas dan cara menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang mendukung pengelolaan zakat secara nasional. Dalam UU tersebut, BAZNAS menyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bertanggung jawab dan independen terhadap Presiden melalui Menteri Agama.

Dengan demikian, BAZNAS bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan: syariat Islam, amanah, kemanfaatan, kesejahteraan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

Bapak Kepala Madrasah H. Syammuji , S.Pd. M.Pd bersama H. Saproni, S.Ag .Guru MTs Negeri 1 Boyolali memimpin kegiatan pada hari Selasa, 5 November 2019 kegiatan yang berlangsung di halaman Musholla MTs Negeri 1 Boyolali tersebut adalah kegiatan  Penerimaan bantuan sekolah untuk siswa yang kurang mampu dari Baznas kabupaten Boyolali, untuk 88 siswa tidak mampu. Kegiatan ini merupakan program Baznas, yaitu. Bantuan yang dikhususkan untuk anak dari keluarga kurang mampu.

Para penerima bantuan tersebut telah terlebih dahulu mengajukan bantuan tersebut dengan beberapa kriteria dan persyaratan diantaranya surat keterangan kurang mampu yang di keluarkan oleh pemerintah masing- masing desa dari siswa tersebut. Setelah para siswa mengumpulkan persyaratan nya berkas pengajuan nya ke Madrasah kemudian pihak Madrasah di teruskan ke Baznas kabupaten Boyolali , yang mana berkas tersebut akan di saring terlebih dahulu dan di keluarkan besaran dan nama – nama penerimanya

Pihak Madrasah sendiri hanya sebagai fasilitator dan penyalurnya karna semua keputusan nya ada di Baznas Kabupaten boyolali.

Pada kesempatan ini Kapasitas Bantuan untuk siswa MTs Negeri 1 Boyolali hanya 88 siswa yang yang mana masing – masing siswa memperoleh bantuan sebesar 350.000 rupiah.

Bapak Saproni berharap bantuan ini bermanfaat bagi para siswa. “Jangan lihat persetujuan, dan Nilainya. Ini niat baik pemerintah dan semua pihak yang terlibat, yang peduli dengan pendidikan anak-anak kita, ”jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.