MTs NEGERI 1 BOYOLALI

UNGGUL DALAM MUTU SANTUN DALAM PERILAKU

Pengarahan dan Pemeriksaan Kesehatan

3 min read

MTs Negeri 1 Boyolali kedatangan tamu dari team medis Pusat kesehatan Masyarakat Andong. Kedatangan team kesehatan tersebut bukan semata-mata kunjungan silaturahmi antar instansi pemerintah tapi berdasarkan surat tugas dari Dr. Ony Hardoko kepala pusat kesehatan Masyarakat atau yang lebih familiarnya Pukesmas kecamatan Andong surat perintah tuigas dengan nomor : 445/482/105/2019 tersebut memerintahkan kepada beberapa diantaranya ,ibu Khalimathus Sadiyah dengan jabatan Nutrisionist yang bertugas memberikan pengarahan atau penyuluhan dan monev pelaksanaan pemberian TTDK kepada siswa MTsN 1 Boyolali yang berada di kecamatan Andong pada hari selasa tanggal 29 Oktober 2019,dan memerintahkan kepada ibu RR. Supadmiyarsih dengan jabatan bidan pelaksana untuk sosialisasi kawasan tanpa rokok. Dan para kru atau team kesehatan yang lain di antaranya ada. Bidan Dwi,ibu Yani, dr. Laode Makhis Adiguna.

          Tim kesehatan dari Puskesmas Andong di dampingi bapak Suwardi, S.Pd yang mana dia percaya setiap hari sebagai Kepala Badan Kesehatan Sekolah MTsN 1 Boyolali dan juga dari Tim Bimbingan Konseling MTsN 1 Boyolali yang dalam hal ini dipimpin oleh ibu Tinuk Sunarsi, S. Psi. Mengarahkan dan mengkondisikan Siswa – siswi untuk mendapat pengarahan atau pengarahan dan pemeriksaan kesehatan dari tim Puskesmas Andong. Acara di mulai dari pukul 08.00 Wib. Meliputi

  1. Penyuluhan Kawasan tanpa Rokok dan upaya berhenti merokok

Adapun tujuan Khusus dari penyuluhan ini adalah:

  1. Terwujudnya Kawasan Tanpa Rokok di sekolah/madrasah
  2. Terwujudnya peningkatan pengetahuan, keterampilan guru atau pembina program UKS/M tentang konseling masalah merokok pada anak usia sekolah/madrasah.
  3. Terlaksananya upaya promotif dan preventif dalam upaya pengendalian masalah merokok di lingkungan sekolah/madrasah
  4. Terlaksananya layanan konseling upaya berhenti merokok di lingkungan sekolah/ madrasah.
  5. Terlaksananya rujukan dari Pembina UKS/M ke pelayanan kesehatan tingkat pertama
  6. Tersedianya data warga yang merokok di lingkungan sekolah/madrasah

Tantangan dan hambatan  sekolah untuk mewujudkan lingkungan  sekolah sebagai KTR memang  relatif berat,  terutama ketika kepala sekolah, guru, atau tenaga kependidikan di sekolah merupakan perokok aktif, terlebih lagi jika ada yang sudah menjadi perokok berat.  Tantangan beratnya adalah upaya  membenahi terlebih dahulu masing-masing pribadi kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan yang sudah relatif lama menjadi perokok aktif untuk tidak merokok di sekolah.

Apapun kondisinya, sekolah dengan segala potensi dan kemampuan yang harus dapat mewujudkan sekolah sebagai KTR, agar dapat menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, dan bebas rokok. Dengan demikian, sekolah menjadi Lingkungan yang memberikan dampak positif bagi mencerdaskan kehidupan bangsa yang didukung oleh Pembukaan UUD 1945

  • Penyuluhan Penyakit Anemia

Adapun Materi penyuluhan ini adalah:

  1. Pengertian Anemia
  2. Penyebab Anemia
  3. Pencegahan Anemia
  4. Pengobatan Anemia
  5. Pemeriksaan Kesehatan

Adapun Pemeriksaan Kesehatan ini meliputi

  1. Penimbangan berat badan
  2. Pengukuran tinggi badan
  3. Pemeriksaan Kesehatan kuku
  4. Pemeriksaan tekanan darah
  5. Pemeriksaan Kesehatan gigi
  6. Pemeriksaan Kesehatan Mata
  7. Pemeriksaan Kesehatan Telingga

Adapun sasaran dari pemeriksaan kesehatan ini adalah semua siswa kelas VII yang berjumlah 345 siswa yang di bagi menjadi 10 kelas. Para team kesehatan bergantian masuk ke masing-masing kelas dan memeriksa satu persatu siswa secara berstruktur . di mulai dari.

  1. Pemeriksaan tinggi badan, berat badan dan kuku dilanjutkan
  2. tekanan darah yang mana petugas pemeriksanya bidan Dwi dilanjutkan
  3. Pemeriksaan kesehatan gigi dan dengan petugas ibu yani.
  4. Pemeriksaan kesehatan mata dengan petugas dr. Laode Makhis Adiguna.
  5. Dan terahir pemeriksaan kesehatan telingga oleh ibu. Prameswidi

Setiap Selesai memeriksa oleh team medis dari puskesmas kecamatan Andong masing-masing siswa diberikan kartu tanda terima oleh petugas yang mana dengan kartu itu setiap siswa dapat mengetahui, badan tinggi, badan berat, tekanan darah, kesehatan telingga, kesehatan gigi, dan kesehatan mata, yang bisa membawa petunjuk siswa untuk memperhatikan kesehatannya sendiri. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para siswa. Dan setelah sadar akan kesehatan dan kebersihan Lingkungan.

.foto –foto kegiatan bisa di lihat di sini : https://www.facebook.com/Madrasah1byl/videos/419957485598042/UzpfSTI1Njk2MzQzMTA1OTkzMzoyNTE3NDcyMTgxNjc1NzAy/

Disini : https://www.facebook.com/mtsn.boyolali.1/media_set?set=a.147651393297199&type=3

Berbagi adalah peduli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *