20/09/2021

MTs NEGERI 1 BOYOLALI

UNGGUL DALAM MUTU SANTUN DALAM PERILAKU

JUM`AT BERSIH, MTs NEGERI 1 BOYOLALI

32 min read

Andong,  Jum`at 27 September 2019 Program Jumat Bersih di lingkungan MTs Negeri 1 Boyolali di Kecamatan Andong telah dilaksanakan sejak awal tahun 2018. kegiatan jumat bersih agenda 2 mingguan dan berdurasi 30 menit kegiatan serentak Jum`at bersih MTs Negeri 1 Boyolali biasa di mulai pukul 6.30 dan di ikuti seluruh komponen satker MTsN 1 Boyolali.

MTs Negeri 1 Boyolali secara periodik mengadakan kegiatan Jum’at bersih, khusyuk, dan sehat. Namun untuk jumat bersih edisi tanggal 27 September 2019 ini ada yang berbeda karena kegiatan Jum’at bersih kali ini ada instruksi dari Kanwil Kementrian Agama Jawa Tengah melalui surat edaran kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Nomor 11055/Kw.11.1/5/HM.00/9/2019. agenda ini durasinya lebih lama dan di pimpin langsung oleh bapak kepala Madrasah H. Syammuji , S.Pd. M.Pd dalam sambutan apel sebelum  membersihkan lingkungan bapak kepala madrasah berpesan agar dalam melaksanakan kegiatan kebersihan ini benar – benar tuntas dan di landasi dengan keiklasan hati karna, “kebersihan sebagian dari iman“ untuk menuju kualitas Madrsah yang nyaman Kegiatan ini di rasa sangat perlu dilaksanakan. Melaksanakan kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan hadist Rasulullah annadofatuminal iman yang artinya kebersihan sebagian dari iman. Kanwil Kemenag Jawa Tengah mengajak seluruh instansi di Jawa Tengah salah satunya MTS Negeri 1 Boyolali untuk melakukan kegiatan Jum’at bersih.

Jum’at bersih ini dimulai 07.30. Kegiatan ini dibuka dengan pembinaan dari kepala MTs Negeri 1 Boyolali, H. Syammuji, S.Pd, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran karakter bagi siswa. Siswa diharapkan memiliki karakter cinta lingkungan, disiplin, dan tanggung jawab. Karakter ini harus dimiliki oleh semua siswa agar selalu menanamkan pada diri mereka bahwa kebersihan itu sebagian dari iman. Jum’at bersih ini diikuti oleh bapak/ibu guru pegawai dan seluruh siswa kelas VII sampai kelas IX.

Siswa kelas VII ditugaskan untuk membersihkan halaman madrasah, siswa kelas VIII ditugaskan membersihkan halaman depan madrasah, sedangkan kelas IX membersihkan halaman belakang madrasah. Sementara itu bapak/ibu guru pegawai mendampingi siswa untuk melakukan bersih-bersih di madrasah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.